fbpx
Tips Memenangkan Pemasaran  Pada Bulan Ramadhan 2020/1441H Secara Digital

Tips Memenangkan Pemasaran Pada Bulan Ramadhan 2020/1441H Secara Digital

Intro

Tips memenangkan pemasaran pada bulan Ramadhan 2020/1441H secara digital adalah tulisan yang bersumber dari panduan yang dikeluarkan oleh Think With Google beberapa waktu lalu (melalui iklan). Panduan tersebut memberikan gambaran, khususnya apa yang telah terjadi pada Ramadhan sebelumnya di Indonesia. Jika ingin membaca panduan asli tersebut silakan berkunjung ke salah satu saluran resminya https://www.thinkwithgoogle.com/

Tips Pemasaran Ramadhan Secara Digital

Ramadhan: Bulan yang penuh keutamaan

Bagi orang Indonesia (pun bisa juga di Negara lain), Ramadhan adalah bulan di mana orang Indonesia khususnya umat Islam tidak hanya fokus pada bagaimana dapat mengagendakan waktunya agar lebih banyak melakukan perbaikan diri, tetapi juga menghabiskan lebih banyak waktu secara bersama-sama dengan sesamanya untuk menguatkan sisi spiritualnya.

 

Pada panduan tersebut disebutkan bahwa (Menurut Kantar) pada tahun 2019, Indonesia mengalami peningkatan pertumbuhan penjualan sebesar 13%, untuk kategori FMCG – (Fast-Moving Consumer Goods), hal ini berarti lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya (2018) yang berada pada kisaran 10%. Peningkatan pertumbuhan ini didapatkan datanya dari perbandingan antara: perhitungan data rata-rata 4 pekanan selama periode enam bulan sejak November 2018 hingga April 2019, dibandingkan dengan data rata-rata 4 pekanan pada Mei -Juni 2019 (Ramadhan 1440H)

Tips Pemasaran Ramadhan Secara Digital 2

Meski demikian, ada faktor lain yang menjadi penggerak utama meningkatkannya pertumbuhan pada saat itu. Setidaknya pada panduan tersebut disebutkan tiga hal, yaitu:

  1. Pemilu Presiden (April 2019)
  2. Liburan Sekolah yang lebih lama
  3. THR (Tunjangan Hari Raya)

Selain itu, menurut APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) kurang lebih menyatakan bahwa penjualan pada Bulan Ramadhan 2019/1440H setidaknya mendorong sekitar 30% penjualan eceran sepanjang tahun. Sehingga dapat dikatakan Ramadhan adalah musim yang paling penting bagi Pengusaha Ritel. Meski demikian, perlu dibaca ulang kondisi terkini yang tidak sama dengan kondisi tahun lalu. Perlu diperkirakan dengan baik apa saja yang dapat menjadi faktor penggerak saat Ramadahan.

Tips Pemasaran Ramadhan Secara Digital 3

 

Bagaimana perilaku konsumen selama bulan Ramadhan 1440H?

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini